Saturday, April 25, 2009

Waspadalah yang pake Smartphone

Berhati-hatilah para pengguna ponsel pintar atau smartphone. Penyerang dengan alat yang tepat, bisa menguasai ponsel dari jarak jauh hanya dengam mengirim SMS.

Demo Trust Digital di You Tube menunjukkan penyerang cukup mengirimkan SMS ke ponsel korbannya. SMS itu secara otomatis akan membuka browser web dan mendownload file yang bisa dieksekusi dan mengirim SMS secara otomatis ke penyerangnya.

Serangan itu disebut sebagai "serangan pengambilalihan tengah malam" karena sangat efektif jika korban sedang tidur. Penyerang bisa mengirim SMS yang otomatis membuka browser web dan membawa ke situs tertentu, jelas Dan Dearing, vice president Trust Digital.

Ia menambahkan situs itu akan menyediakan file yang bisa dieksekusi di ponsel korban dan mencuri data yang ada.

Dalam serangan yang lain, penyerang dapat membajak ponsel dengan mengirim SMS yang disebut pesan terkontrol di jaringan GSM ke ponsel korban yang menggunakan Wi Fi. Software khusus juga digunakan untuk mengendus trafik email dari ponsel korbannya.

Trust Digital telah merilis software yang disebut EMM 8.0 untuk melindungi ponsel dari serangan jenis ini. "Itu sesuatu yang nyata. Kita akan melihat serangan ini dalam waktu tak lama lagi," kata Philippe Winthrop, direktur Strategy Analytics.

by : www.kaskus.us

No comments: